Pengertian
•
Proses
pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan melalui panca indera
(langsung maupun tidak) sehingga peneliti memperoleh keyakinan atas data yang didapat
Observasi
dilakukan thd:
•
Peristiwa
•
Tempat
•
Benda
•
Rekaman/
gambar
Teknik
observasi
•
Secara
langsung
•
Secara
tidak langsung
Observasi
secara langsung
•
Observasi
tak berperan
•
Observasi
berperan
(spradley,
1980 dalam sutopo, 2002)
Observasi
tak berperan (non interactive observation)
•
Dalam
melakukan observasi kehadiran peneliti tidak diketahui sama sekali oleh subjek
yang diamati
•
Tujuan:
apapun yang dilakukan oleh peneliti tidak mengganggu/ mempengaruhi sikap dan
perilaku subjek teramati
•
Media
yang digunakan:
•
Kaca
tak tembus pandang
•
Teropong
jarak jauh
•
Berada
ditempat khusus yang tidak diketahui subjek teramati
•
Alat
perekam khusus
Observasi
berperan (interactive observation)
•
Kehadiran
penelit diketahui oleh subjek teramati
•
Kehadiran
peneliti dapat memberikan pengaruh terhadap subjek tsb
•
Peneliti
tidak perlu melakukan tindakan apapun dalam jangka waktu tertentu
•
Kondisikan
sikap dan perilaku subjek kembali ke “keadaan normal”
•
Subjek
mudah terpengaruh oleh sikap dan perilaku peneliti
Jenis
observasi berperan
•
Observasi
berperan pasif
•
Observasi
berperan aktif
•
Observasi
berperan penuh
Obervasi
berperan pasif
•
Peneliti
datang ke lokasi penelitian, tetapi tidak melakukan tindakan apapun, selain
sebagai pengamat pasif
•
Dapat
dilakukan secara formal dan informal
•
Secara
formal:
•
Kegiatan
kelas
•
Di
ruang kantor
•
Di
rumah
•
Secara
informal (unobtrusive observation):
•
Melakukan
pengamatan selama kunjungan, misal:
•
Melihat
kondisi bangunan
•
Kelengkapan
sarana dan prasarana kantor, dll
•
Observasi
sebaiknya tidak dilakukan sekali, dalam rangka menjaga realibilitas (validitas
internal)
Observasi
berperan aktif
•
Peneliti
memainkan berbagai peran yang dimungkinkan dalam suatu situasi yang berkaitan
dengan penelitiannya
•
Mempertimbangkan
berbagai akses yang dapat dimanfaatkan untuk pengumpulan data
•
Dapat
ikut mengarahkan pada pendalaman dan kelengkapan data
•
Dapat
mengarahkan peristiwa yang terjadi untuk memantapkan data yang diperoleh
•
Contoh
peranan yang dapat dimainkan:
•
Sebagai
penduduk suatu daerah
•
Sebagai
pelayan toko
•
Sebagai
office boy
•
Sebagai
juru ketik
•
Sebagai
anggota suatu organisasi
•
Pengamatan
aktif ini menyarankan agar status peneliti tidak diketahui oleh masyarakat
sekitar
Kelebihan
pengamatan aktif
•
Dapat
memperoleh data khusus
•
Dapat
mengikuti kegiatan khusus
•
Dapat
mengarahkan objek
•
Memahami
aktivitas secara menyeluruh
Observasi
berperan penuh
•
Peneliti
berperan penuh sebagai peneliti sekaligus subjek yang benar-benar melakukan
aktivitas yang sesungguhnya
•
Sifat
keterlibatan peneliti langgeng (tidak sementara)
•
Contoh:
•
Inu
kencana syafi’i melakukan penelitian melalui pengamatan penuh tentang seluk
beluk kehidupan mahasiswa ipdn
•
Seorang
guru meneliti perilaku siswa di kelasnya
Kelemahan
observasi berperan penuh
•
Sulit
menghindari subjektivitas
•
Terjadinya
bias hasil penelitian
•
Kemungkinan
peneliti larut dalam situasi
•
Hilangnya
sikap kritis
•
Kemungkinan
terjadinya keberpihakan pada subjek