Koori Nagawa Network. Diberdayakan oleh Blogger.

Masih layakkah anggota DPR yang gemar menghambur-hamburkan uang rakyat dan hobi bergaya hidup mewah dipilih lagi pada pemilu 2014?

Sosiologi menurut pendapat ahli

Emile Durkheim


Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

Pitirim Sorokin


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi


Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

Max Weber


Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

Paul B. Horton


Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

Soejono Sukamto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

Soejono Sukamto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Aristoteles

manusia adalah ZOON POLITICON, artinya pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dengan berkumpul dengan manusia, jadi makhluk yang bermasyarakat . dari sifat suka bergaul dan bermasyarakat itulah manusia dikenal sebagai makhluk sosial.
Manusia tidak bisa hidup sendirian. Manusia memerlukan manusia lain. Secara kodrati, manusia adalah makhluk yang memiliki kecenderungan untuk hidup dalam kebersamaan dengan yang lain untuk belajar hidup sebagai manusia. Manusia adalah makhluk yang mencari kesempurnaan dirinya dalam tata hidup bersama.

Ferdinand Tonnies

menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya hubungan dengan sesama, dimana perasaan, simpati dan kepentingan bersama merupakan faktor penting, Tonnies membagi dua karakter masyarakat yakni Gemeinschaft (paguyuban) dan geselschaft.

Georg Simmel

menyimpulkan bahwa lembaga didalam masyarakat terwujud dalam bentuk superioritas, subordinasi dan konflik. Simmel juga menyimpulkan bahwa terjadi proses sosialisasi dan individualisasi seorang pribadi ketika menjadi warga masyarakat.

Herbet Spencer

menganalisis masyarakat dengan mengambil analogi organisme manusia. Dimana Spencer menyimpulkan bahwa masyarakat mengalami perubahan kearah yang lebih sempurna dengan sifat kompleksitas, diferensiasi dan integrasi.

Saint Simon

menghasilkan pemikiran dimana seorang warga haruslah belajar pada masyarakat, dimana masyarakat bukanlah hanya sekumpulan orang belaka, akan tetapi masyarakat memiliki hukum tertentu yang menggerakan manusia dalam melakukan fungsinya dimasyarakat.

Meta Sprencer dan Inkeles

Sosiologi adalah ilmu tentang kelompok hidup manusia.

David Popenoe

Sosiologi adalah ilmu tentang interaksi manusia dalam masyarakat sebagai suatu keseluruhan

JAA Van Dorn

Sosiologi adalah ilmu tentang struktur-struktur dan proses kemasyarakatan

bnu Khaldun

menyimpulkan bahwa solidaritas merupakan faktor dalam lahir, berkembang dan runtuhnya sebuah negara atau masyarakat.

Machiavelii

adalah orang pertama yang memisahkan antara politik dan moral sehingga terjadi suatu pendekatan yang mekanis terhadap masyarakat. Di sini muncul ajaran bahwa teori-teori politik dan sosial memusatkan perhatian pada mekanisme pemerintahan.

0 Responses to “Sosiologi menurut pendapat ahli”:

Leave a comment

Universitas Bandar Lampung

Orange Water

Google+